TINDAK LANJUTI DCT, KPU KARANGGASEM KUMPULKAN PARTAI POLITIK

  • 17 Januari 2019
  • 20:42 WITA
TINDAK LANJUTI DCT, KPU KARANGGASEM KUMPULKAN PARTAI POLITIK_657017.jpeg

kpu-karangasemkab.go.id

Menindaklnjuti Surat edaran KPU RI Nomor 31 tahun 2019 tentang calon tidak memenuhi syarat pasca penetapan Daftar Calon Tetap, KPU Karangasem gelar rapat koordinasi dengan Partai Politik, Bawaslu, serta instansi terkait, kamis (17/1) di sekretariat, Jalan Bhayangkara no. 6 Amlapura,

Ketua KPU Karangasem I Gede Krisna Adi Widana, mengatakan  sesuai surat edaran tersebut ada beberapa penyebab calon menjadi tidak memenuhi syarat diantaranya karena meninggal dunia, dipecat dari partai politik,atau tersandung kasus pidana. Atas kejadian tersebut KPU akan melakukan verifikasi kepada Partai Politik yang mendaftarkan calon bersangkutan."hal ini penting karena berkaitan dengan surat suara yang akan dicetak, jika masih memungkinkan untuk dihapus namanya dari surat suara " ungkap Krisna. Dijelaskan, sebaliknya jika tidak dihapus maka KPU akan menindaklanjuti dengan mengeluarkan surat dinas dan mengumumkan pada saat pemungutan suara bahwa yang bersangkutan sudah tidak memenuhi syarat sebagai calon. Sementara dukungan suara calon tersebut menjadi suara sah partai politik yang mengusungnya.

Ketua partai Perindo, I Made Suastana menyampaikan ada calon dari partainya yang sudah tidak memenuhi syarat karena sudah meninggal dunia tetapi calon bersangkutan bukan berasal dari daerah pemilihan Karangasem “untuk sementara, astungkara valeg di dapil Karangasem aman atau tidak ada perubahan” ungkapnya.Putu mengaku akan segera berkoordinasi menyampaikan baik lisan maupun  tertulis jika ada perubahan pada susunan calon. Beberapa pimpinan parpol yang hadir juga mengungkapkan hal yang sama.

Dalam kesempatan itu , Komisioner Bawaslu Karangasem, Diana Devi meminta selain berkoordinasi ke KPU, peserta pemilu juga agar menyampaikan kepada lembaga pengawas., "rekan rekan partai politik  hendaknya juga menyampaikan kepada kami di Bawaslu sehingga kita semua mengetahui jika ada perubahan susunan calon anggota legislatif  agar terwujud pemilu yang damai" ujar Ibu Berkcamata ini.

Selain peserta pemilu dan Bawaslu rapat koordinasi juga dihadiri oleh utusan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga dan Dari Satpol PP.(teknis;kar)

Komentar