PERPU RESMI DITERBITKAN, PILKADA SERENTAK DIGELAR DESEMBER 2020

  • 11 Mei 2020
  • 11:45 WITA
berita_201105110508_PERPURESMIDITERBITKAN,PILKADASERENTAKDIGELARDESEMBER2020.jpeg

Setelah KPU melakukan penundaan terhadap sejumlah tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 sebagai akibat pandemi Covid-19 yang tengah melanda, kini Presiden telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang  Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Perpu ini diterbitkan sebagai salah satu upaya penanggulangan Corona.

Divisi Sosialisasi KPU Karangasem, Putu Deasy Natalia menjelaskan, dengan diterbitkannya aturan ini maka secara resmi Pilkada serentak yang semula dijadwalkan digelar 23 September 2020 bergeser menjadi Desember 2020. Hal tersebut tertuang secara jelas dalam pasal 201 A ayat (2). "Sedangkan untuk hari dan tanggal pastinya nanti akan diatur lebih lanjut dalam Peraturan KPU yang kini sedang disusun," jelas nya

Ditambahkan Deasy,Pilkada akan diselenggarakan jika Pandemi telah dinyatakan berakhir pada batas waktu yang telah ditentukan, "ini berarti tidak menutup kemungkinan akan terjadi perubahan kembali  jika wabah Corona masih terjadi," ujar Deasy.

Sementara itu, terkait perubahan jadwal ini,Ketua KPU karangasem I Gede Krisna Adi Widana menegaskan  telah siap, karena begitu sebelumnya dinyatakan ditunda pihaknya sudah intensif melakukan koordinasi serta menyusun rencana kerja  "Jadi sekarang kita tinggal menjalankannya sambil menunggu arahan serta regulasi lebih lanjut dari KPU ditingkat Provinsi maupun Pusat,"

Lebih rinci, Krisna memproyeksikan jika kelak Pilkada digelar Desember serta tanggal 29 Mei mendatang BNPB telah mencabut status darurat bencana, maka di bulan Juni jajarannya sudah melakukan Action. "Kita mulai dengan mengaktifkan kembali Badan Ad-Hoc yang sebelumnya dinonaktifkan sementara," tandas Krisna

Komentar