BIMBINGAN TEKNIS PENGGUNAAN APLIKASI SiREKAP

  • 22 November 2020
  • 13:00 WITA
berita_202211011128_BIMBINGANTEKNISPENGGUNAANAPLIKASISiREKAP.jpeg

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karangasem mulai menggelar Bimbingan Teknis terkait penggunaan aplikasi SiRekap kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Karangasem, Rabu (18/11) 

Kegiatan Bimtek ini sendiri di bagi ke dalam sejumlah gelombang agar bisa mengoptimalkan pengaturan jarak serta jumlah peserta dalam pelaksanaan kegiatan. Gelombang I yang digelar Kamis (19/11) lalu diikuti oleh Kecamatan Rendang bertempat di Kantor Camat setempat, Gelombang II (20/11) diikuti oleh Bebandem & Karangasem, Gelombang III (22/11) : Manggis & Selat, Gelombang IV (23/11) : Abang dan Sidemen yang sama-sama bertempat di Aula STKIP Agama Hindu Amlapura, sedangkan Gelombang V (24) yakni Kecamatan Kubu bertempat di Balai Serba Guna Abang.

Komisioner KPU Karangasem Divisi Teknis Penyelenggaraan, Putu Darma Budiasa menjelaskan kegiatan ini bertujuan agar PPK dan PPS memahami tata cara penggunaan aplikasi SIRekap karena dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem ini  merupakan kali pertama diterapkan. Sedangkan untuk bimbingan teknis kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) nantinya akan diberikan  oleh PPS dibantu PPK secara berjenjang. "Kita di KPU nanti tetap melakukan pemantauan jika ada kendala' ujar Darma

Ditambahkan Budiasa, pada 24-25 Nopember mendatang juga akan digelar simulasi nasional penggunaan aplikasi ini yang diikuti oleh seluruh PPK PPS. "Nanti serentak semuanya mencoba untuk mengoperaiskan aplikasi tersebut," imbuh Budiasa

Sementara itu, Ketua KPU karangasem, Ngurah Gede Maharjana mengharapakan melalui bimbingan teknis ini dapat membeirkan gambaran tentang tata cara penggunaan aplikasi SiRekap. Ngurah juga meminta jika menemukan kendala ataupun materi yang belum dipahami agar segera dikoordinasikan kepada jajarannya di KPU Kabupaten. "Sehigga nanti pada 9 Desember sudah benar-benar siap," pungkas Ngurah.

Komentar