BERIKAN GAMBARAN SITUASI TPS, KPU KARANGASEM GELAR SIMULASI PENCOBLOSAN

  • 27 November 2020
  • 12:00 WITA
berita_202711121103_BERIKANGAMBARANSITUASITPS,KPUKARANGASEMGELARSIMULASIPENCOBLOSAN.jpeg

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karangasem menggelar Apel Siaga dan Simulasi Pemungutan Suara Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Karangasem Tahun 2020, bertempat di Lapangan Tanah Aron, Jumat Pagi, (27/11)

Kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karangasem dengan melibatkan puluhan personil dari masing-masing instansi, seperti Polres,Kodim 1623, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD, Bawaslu serta jajaran Penyelenggara Pemilu tingkat Kecamatan. Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Suartini.

Usai pengarahan, dilanjutkan dengan simulasi hari pencoblosan  di TPS mulai dari tahapan persiapan, pemungutan, hingga penghitungan yang diperagakan oleh Relawan Demokrasi sebagai Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan  Suara serta Petugas Ketertiban lengkap dengan atribut serta perlengakpannya. Beberapa skenario dilakukan dalam simulasi tersebut, seperti adanya pemilih disabilitas, pemilih yang tidak terdaftar. Salah satu adegan yang menyita perhatian yakni adanya pemilih yang memiliki suhu diatas 37,3 derajat yang kemudian diarahkan mencoblos di bilik khusus yang telah dipersiapkan, namun usai mencoblos pemilih tersebut jatuh pingsan dan langsung ditangani oleh petugas medis yang mengenakan alat pelindung diri lengkap.

Ketua KPU Kabupaten Karangasem, Ngurah Gede Maharjana mengharapakan dengan diadakannya simulasi ini, tidak hanya penyelenggara namun masyarakat umum juga memiliki gambaran terkait bagaimana pelaksanaan pemungutan suara di TPS,  termasuk juga penerapakan berbagai protokol kesehatan pencegahan Covid19 guna menjamin keamanan dan keselamatan pemilih. "Dengan demikian, pemilih tidak perlu khawatir dan ragu lagi untuk datang ke TP rabu 9 Desember 2020 nanti" pungkas Ngurah

Komentar